Analisi Sistem Pembayaran BP-3


TUGAS III_METODE PENGEMBANGAN SISTEM
Kelanjutan Dari Tugas II


ANALISIS
SISTEM INFORMASI
PEMBAYARAN BP-3
SMA 7 MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Pada penelitian studi kasus tentang sistem pembayaran BP-3 di SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta penulis menemukan beberapa masalah antara lain :
  1. Kurangnya keefektifitasan dalam penanganan antrian karena pendataan siswa yang akan  melakukan transaksi pembayaran masih menggunakan cara manual.
  2. Kurangnya keefektifitasan dalam penanganan pekerjaan atau tugas admin.
  3. Proses pembayaran tidak ditangani langsung oleh sistem.
  4. Sistem tidak dapat menghasilkan kwitansi pembayaran yang dibutuhkan beberapa siswa sebagai bukti pembayaran.
  5. Sistem tidak dapat menghasilkan informasi dan laporan tunggakan.
Analisis Kelemahan & Kelebihan Sistem :
  • Analisis kinerja
Sistem Lama : Proses pembayaran yang masih manual berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pemrosesan data dan  juga memakan banyak waktu.
Sistem Baru : Diharapkan sistem dapat melakukan proses pembayaran sehingga dapat mengurangi kesalahan  dan mempersingkat  waktu pekerjaan.
  • Analisis Informasi
Sistem Lama : Informasi yang telah tersimpan pada sistem namun masih terjadi penumpukan data, sehingga user sulit untuk mengetahui berapa jumlah transaksi  di hari itu.
Sistem Baru : Diharapkan sistem dapat menjumlah berapa banyak transaksi yang terjadi pada hari itu. Selain itu dapat menampilkan informasi yang akurat dan jelas.
  • Analisis pengendalian
Sistem Lama : @ Sistem tidak memberikan control ketika siswa melakukan keterlambatan pembayaran.
@ Admin tidak mampu mengontrol kesalahan dan mengoreksi informasi karena terlalu banyak penumpukan data.
Sistem Baru : @ Diharapkan sistem dapat memberikan control terhadap pembayaran yang tepat waktu maupun yang terlambat.
@ Diharapkan sistem mampu mengontrol informasi yang dibutuhkan sehingga admin dapat mengoreksi transaksi pembayaran yang belum atau sudah terjadi.
  • Analisis Efisiensi
Sistem Lama : Penggunaan kalkulator masih dilakukan walaupun sistem sudah merekam setiap transaksi, hal ini menunjukkan kurangnya efisiensi terhadap kinerja sistem.
Sistem Baru : Diharapkan dengan adanya pengembangan sistem ini dapat meningkatkan keefisienan sistem dengan menyediakan fitur perhitungan otomatis.
  • Analisis Pelayanan
Sistem Lama : Pelayanan pembayaran belum berjalan teratur, untuk melayani satu siswa dibutuhkan waktu 4 sampai 6 menit.  
Sistem Baru : Diharapkan pelayanan lebih teratur sehingga cukup dalam waktu kurang dari 4 menit transaksi pembayaran selesai.


Giagram Alur Data Sistem
Gambar DFD Sistem

NAMA ANGGOTA KELOMPOK

1. Suhendrah

2. Imam Arifin

3. Triyanto

4. Exsan Bokhori

5. Sudarman






------------------------------------------------------------------------------------

Mari kita saling menghargai sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon cantumkan link sumbernya.

TERIMA KASIH

1 komentar:

Posting Komentar