TUGAS III_METODE PENGEMBANGAN SISTEM
Kelanjutan Dari Tugas II
ANALISIS
SISTEM INFORMASI
PEMBAYARAN BP-3
SMA 7 MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Pada penelitian studi kasus tentang sistem pembayaran BP-3 di SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta penulis menemukan beberapa masalah antara lain :
- Kurangnya keefektifitasan dalam penanganan antrian karena pendataan siswa yang akan melakukan transaksi pembayaran masih menggunakan cara manual.
- Kurangnya keefektifitasan dalam penanganan pekerjaan atau tugas admin.
- Proses pembayaran tidak ditangani langsung oleh sistem.
- Sistem tidak dapat menghasilkan kwitansi pembayaran yang dibutuhkan beberapa siswa sebagai bukti pembayaran.
- Sistem tidak dapat menghasilkan informasi dan laporan tunggakan.
Analisis Kelemahan & Kelebihan Sistem :
- Analisis kinerja
Sistem Lama : Proses pembayaran yang masih manual berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pemrosesan data dan juga memakan banyak waktu.
Sistem Baru : Diharapkan sistem dapat melakukan proses pembayaran sehingga dapat mengurangi kesalahan dan mempersingkat waktu pekerjaan.
- Analisis Informasi
Sistem Lama : Informasi yang telah tersimpan pada sistem namun masih terjadi penumpukan data, sehingga user sulit untuk mengetahui berapa jumlah transaksi di hari itu.
Sistem Baru : Diharapkan sistem dapat menjumlah berapa banyak transaksi yang terjadi pada hari itu. Selain itu dapat menampilkan informasi yang akurat dan jelas.
- Analisis pengendalian
Sistem Lama : @ Sistem tidak memberikan control ketika siswa melakukan keterlambatan pembayaran.
@ Admin tidak mampu mengontrol kesalahan dan mengoreksi informasi karena terlalu banyak penumpukan data.
Sistem Baru : @ Diharapkan sistem dapat memberikan control terhadap pembayaran yang tepat waktu maupun yang terlambat.
@ Diharapkan sistem mampu mengontrol informasi yang dibutuhkan sehingga admin dapat mengoreksi transaksi pembayaran yang belum atau sudah terjadi.
- Analisis Efisiensi
Sistem Lama : Penggunaan kalkulator masih dilakukan walaupun sistem sudah merekam setiap transaksi, hal ini menunjukkan kurangnya efisiensi terhadap kinerja sistem.
Sistem Baru : Diharapkan dengan adanya pengembangan sistem ini dapat meningkatkan keefisienan sistem dengan menyediakan fitur perhitungan otomatis.
- Analisis Pelayanan
Sistem Lama : Pelayanan pembayaran belum berjalan teratur, untuk melayani satu siswa dibutuhkan waktu 4 sampai 6 menit.
Sistem Baru : Diharapkan pelayanan lebih teratur sehingga cukup dalam waktu kurang dari 4 menit transaksi pembayaran selesai.
Giagram Alur Data Sistem
Gambar DFD Sistem |
NAMA ANGGOTA KELOMPOK
- NIM : 3105111439
- BLOG : http://colleger-it.blogspot.com/
2. Imam Arifin
- NIM : 3105111420
- BLOG : http://sapaimam.blogspot.com/
3. Triyanto
- NIM : 3105111411
- BLOG : http://triyango.blogspot.com/
4. Exsan Bokhori
- NIM : 3105111405
- BLOG : http://exbuk.blogspot.com/
5. Sudarman
- NIM : 3095111239
- BLOG : http://superm2n.wordpress.com/
------------------------------------------------------------------------------------
Mari kita saling menghargai sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon cantumkan link sumbernya.
TERIMA KASIH
1 komentar:
Keren sob
www.kiostiket.com
Posting Komentar